7 Fakta Mengejutkan Tentang Steve Jobs - Pendiri Apple


pendiri-apple
Steve Jobs
Pendiri Apple – Tidak ada yang meragukan lagi kiprah dari seorang Steve Jobs dalam berkarya. Sebagai seorang pendiri Apple, dia mendedikasikan seluruh hidupnya untuk teknologi. Bahkan, menjelang akhir hayatnya sekali pun, Steve Jobs masih berjuang mati-matian untuk memajukan perusahaan dan juga teknologi komputer di dunia.

Untuk lebih mengenal tentang Steve Jobs dan perannya dalam dunia komputer dunia, berikut beberapa fakta mengejutkan tentang pendiri Apple selengkapnya.

#1. Inspirasi Nama Apple untuk Perusahaan

Anda mungkin tidak akan mengira kalau inspirasi nama perusahaan besar di dunia ini didapatkan begitu saja oleh Steve Jobs tanpa ada pemikiran yang pelik. Saat dia mengunjungi sebuah perkebunan apel, dia merasa bahagia sehingga ingin menjadikan Apple sebagai nama dari perusahaannya. 


Masih menurut Steve Jobs, nama Apple itu sangat sederhana dan tidak mengintimidasi. Berangkat dari filosofi yang sederhana ini, Apple kini merajai pangsa pasar komputer dan ponsel dunia.

#2. Apple Didirikan oleh Tiga Orang

Selama ini kita selalu menganggap Steve Jobs sebagai satu-satunya pendiri dari Apple. Namun, Apple didirikan oleh tiga orang terdiri dari Steve Jobs, Ronald Wayne, dan Steve Wozniak. Ketiga orang ini bekerja sama untuk menghasilkan produk unggulan yang mampu membantu manusia dalam kehidupannya.

#3. Steve Jobs Sudah Diadopsi Sejak Bayi

Sejak kecil, Steve Jobs sudah harus berpisah dengan kedua orang tua kandungnya. Kedua orang tua dari pendiri Apple ini, Abdul fatta Jandali dan Joanne Caroel Schieble belum siap memiliki anak. 

Setelah Steve Jobs lahir, mereka mempersilakan pasangan Amerika bernama Clara Jobs dan Pauls Jobs untuk mengadopsi bayi cerdas ini. Dari proses adopsi yang cukup mengharukan di  masa lalu itu, nama Jobs disematkan kepada salah satu genius komputer dunia ini.

#4. Penampilan Sederhana yang Memiliki Cerita

Anda mungkin akan berpikir: uangnya banyak tapi kok pakaiannya itu-itu saja ya? Ya, Steve Jobs selalu menggunakan sweter hitam di setiap kesempatan yang ada. Dia tidak pernah mengenakan jas atau pakaian mahal lain karena bagi Steve Jobs, pakaian yang nyaman adalah yang paling utama.


Beralihnya Steve Jobs menggunakan pakaian sederhana didasari dari kunjungan kerjanya ke Jepang. Saat melihat banyak karyawan perusahaan mengenakan seragam yang sama, dia jadi ingin menerapkan pada dirinya. Akhirnya dia menunjuk desainer dari Jepang untuk membuatkan sweter hitam yang nyaman dan bisa dipakai di mana saja.

#5. Pendiri Apple bukan Sarjana

Melihat kiprahnya di dunia komputer dan juga ponsel dunia, kita akan mengira kalau Steve Jobs memiliki pendidikan yang bagus. Kemungkinan besar dia lulusan dari kampus teknologi ternama dunia hingga mampu menghasilkan Apple dan mendulang keuntungan jutaan dolar di usia yang masih muda. 

Faktanya, Steve Jobs tidak pernah lulus kuliah. Dia memilih keluar dari Reed College dan memproduksi komputer bersama Steve Wozniak. Dari usaha nekatnya ini, keajaiban terjadi.

#6. Pernah Dipecat dari Perusahaan yang Dia Dirikan
Siapa yang mengira kalau Steve Jobs yang mendirikan Apple justru dipecat oleh direksi perusahaannya itu. 

Dia dianggap terlalu ambisius sehingga mau tidak mau Steve Jobs harus hengkang. Merasa dipecundangi, Steve Jobs kembali mendirikan perusahaan di bidang komputer bernama NeXT. 

Setelah perusahaan ini berkembang dia membeli Pixar dan sukses mengantarkan Toy Story ke pasar dunia. Sepeninggal Steve Jobs, Apple mulai bangkrut sehingga dia dipanggil lagi untuk mengabdi.

#7. Membiarkan Tubuhnya Tidak Dioperasi

Steve Jobs sebenarnya memiliki banyak uang untuk operasi dan menyembuhkan penyakitnya. Namun, dia menolak melakukan itu dan lebih memilih untuk menikmati penyakitnya hingga ajal menjemput. 

Menurut sang istri, Steve Jobs tidak mau tubuhnya diotak-atik selayak dia mengotak-atik komputer.

Inilah beberapa fakta mengejutkan tentang pendiri Apple, Steve Jobs. Semoga bisa menambah wawasan WargaNET tentang kehidupan seorang genius dunia yang telah tiada.

Salam Sukses [KabarwargaNET]

1 komentar:

Fadly Farhani mengatakan...

Produknya mahal-mahal semua..wkwkwkwk