Biografi Penemu Facebook, Tidak Lulus Kuliah Jadi Jutawan Muda

pendiri-facebook
Facebook [Foto : Pixabay]

Penemu Facebook – Barangkali, tidak ada seorang pun pengguna internet yang tidak kenal dengan media sosial yang satu ini. Dengan sekitar 1,4 Milyar pengguna dan terus bertambah setiap harinya, Facebook menjadi media sosial yang dengan pengguna terbesar didunia.

Facebook yang pada awal kemunculannya ini sebenarnya hanya di ciptakan untuk menghubungkan sesama mahasiswa Harvard University saja. Namun, siapa sangka jika sekarang Facebook telah menjadi sebuah jejaring sosial yang menghasilkan banyak uang bagi pendirinya.
Baca Juga : Penemu WhatsApp, Dari Tukang Sapu Menjadi Jutawan

 
Lalu, siapakah pendiri atau penemu Facebook?

Kenalkan, dia adalah seorang mahasiswa jenius jurusan ilmu komputer dari Harvard University bernama lengkap Mark Elliot Zuckerberg. Dialah yang mendirikan Facebook.com bersama beberapa temannya.

Berikut sedikit pembahasan KabarwargaNET tentang biografi penemu Facebook :

Profil penemu dan pendiri Facebook

Dilahirkan di White Plains, New Yorks, pada tanggal 14 Mei 1984 dari keluarga Yahudi pasangan Edward Zuckerberg dan Karen Zuckerberg. Ayahnya berprofesi sebagai dokter gigi, sedangkan ibunya adalah seorang psikiater. Mark Zuckerberg mempunyai tiga orang saudara perempuan, yaitu : Randi Zuckerberg, Donna Zuckerberg dan Arielle Zuckerberg.

Walaupun notabenenya Mark Zuckerberg terlahir dari keluarga Yahudi, namun Mark mengaku sebagai seorang Atheis.

Mark Zuckerberg menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas Adsley, kemudian berlanjut ke Akademi Philiip Exeters. Ia dikenal sangat menguasai ilmu klasik dan ilmu pengetahuan alam. Selain itu, Mark menguasai beberapa bahasa seperti bahasa Ibrani, bahasa Perancis, bahasa Yunani Kuno dan Latin.

Saat di SMA, Zuckerberg sudah suka dengan pemograman komputer dan mulai mengembangkan aplikasi. Ayahnya meminta kepada David Newman untuk menjadi guru private Mark Zuckerberg.

Zuckerberg gemar menciptakan aplikasi, salah satu aplikasi yang dikembangkan Zuckerberg adalah ZuckNet, aplikasi untuk berkomunikasi internal. Synapse Media Player juga merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Zuckerberg.
Cikal Bakal Facebook

Inspirasi berdirinya Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg memperhatikan sebuah direktori disekolahnya terdahulu. Dalam direktori tersebut memberi fasilitas kepada mahasiswanya mempunyai laman tersendiri yang dapat memajang foto, nomor telpon, stambuk dan berbagai pengalamannya selama bersekolah di tempat tersebut.



Selain itu, para mahasiswa bisa saling mengenal. Direktori tersebut dinamakan “The Facebook”. Ia pernah mengusulkan kepada Harvard untuk membuat direktori online seperti itu, namun mendapat penolakan dari Harvard.

Iseng-iseng, Mark membobol data mahasiswa Harvard dan dimasukkan kedalam website ciptaannya bernama Facemash.com, sebuah situs yang membanding-bandingkan foto-foto mahasiwa Harvard, pengguna diminta untuk memilih mana foto yang paling menarik.

Baca Juga : Kisah Sukses Pendiri Samsung


Hal tersebut membuat 450 mengunjungi Facemash, sebanyak 22.000 foto diakses oleh pengunjung. Ketika pihak Harvard mengetahui hal tersebut, Mark tidak diberi akses internet lagi karena ketahuan mencuri data mahasiswa.

Mark meminta maaf kepada mereka yang fotonya dipajang, namun ia tidak pernah menyesal dengan tindakannya tersebut.

Dari situlah ia mulai menyempurnakan Facemash dengan mendirikan Facebook

Mulai Facebook Diluncurkan

Secara resmi, Facebook diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004 dikamarnya di Harvard University.

Pada awalnya, Facebook hanya menjadi “mainan” di Harvard. Namun lama kelamaan menyebar luas ke sekolah-sekolah yang punya kontak sosial dengan Harvard seperti : Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University dan beberapa sekolah yang lainnya.

Dari sinilah Facebook terus bertambah penggunanya, yang tadinya hanya sebagai sosial medianya mahasiswa kemudian menjadi sosial media yang bisa di gunakan oleh masyarakat umum.

Perkembangan Facebook

Akhirnya Facebook punya kantor pertamanya di Palo Alto, sebuah rumah kecil yang disulap menjadi sebuah kantor yang menjadi tempat beraktifitas Mark Zuckerberg dan teman-temannya seperti Dustin Mozkovitz, Eduardo Saverin, Andrew McCollum dan Chris Hughes.

Facebook semakin berkembang dengan hadirnya Peter Thiel (CEO PayPal) yang masuk sebagai investor. Mereka menolak untuk menjual Facebook, termasuk kepada Yahoo yang kala itu menyodorkan tawaran 1 Milyar Dolar untuk membeli Facebook pada tahun 2006.

Facebook berhasil menjadi situs jejaring sosial paling populer, bahkan mengalahkan Friendster dan Myspace yang terlebih dahulu hadir.

Masalah Yang Pernah Menerpa Facebook

Dalam perkembangannya, Facebook juga beberapa kali di mendapat cobaan, namun mereka dapat melaluinya dengan baik.

Facebook pernah di tuntut oleh HarvardConnection.com (kemudian disebut ConnectU) yang di dirikan oleh Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra. Mereka adalah mahasiswa di Harvard. Kemudian Facebook beberapa kali pernah di blokir oleh negara seperti : Iran, Arab Saudi, Myanmar, Bhutan, Syria, dll.

Walau beberapa kali tersandung masalah, Facebook melesat menjadi platform jejaring sosial “sejuta umat”, dari mulai anak-anak hingga kakek-nenek punya akun Facebook.

Facebook menjadi tempat orang bersosialisasi di dunia maya, dari sekedar berbagi foto, berkomunikasi dan berteman. Bahkan ada orang-orang sudah lama tidak bertemu namun dapat bersua kembali dijejaring sosial dengan adanya Facebook.

Selain hal diatas, sekarang ini, Facebook juga bisa digunakan untuk bermain game online, berbagi dokumen, chatting, media bisnis online dan juga untuk beriklan dan mempromosikan produk.

Bersamaan dengan berkembangnya sayap bisnis Facebook dan penggunanya yang terus bertambah, pundi-pundi uang para pendiri Facebook, termasuk Mark Zuckerberg juga terus bertambah. Harta Mark Zuckerberg ditaksir sebesar 32.9 Miliar Dolar. Ia juga masuk sebagai orang terkaya didunia dengan usianya yang masih muda.

Kekayaan yang dimiliknya tidaklah membuat Mark hidup bermewah-mewah. Ia bahkan pernah menyumbangkan harta/ sahamnya di Facebook sebesar 45 Milyar Dolar.

Mark Zuckerberg menikahi Priscilla Chan pada 19 Mei 2012, hubungan mereka telah berlangsung sejak masa kuliah di Harvard. Dari pernikahan tersebut, lahirlah anak pertama mereka, Maxima Chan Zuckerberg.

Demikian sedikit pembahasan tentang biografi penemu Facebook, Mark Zuckerberg. Semoga dapat bermanfaat dan memberi inspirasi bagi kita semua.

Salam Sukses [KabarwargaNET]

1 komentar:

azkanesia mengatakan...

Medsos sejuta umat