Biografi Penemu Google Yang Super Jenius


Biografi Penemu Google
Logo Google
Salam  WargaNET, jumpa lagi dengan KabarwargaNET yang selalu setia memberi informasi kepada pembaca sekalian. Kali ini KabarwargaNET akan membahas tentang biografi penemu Google .
 
Anda pasti sudah tidak asing mendengar nama “Google”. Ini adalah mesin pencari paling populer di dunia saat ini. Bahkan, untuk menjelaskan aktivitas mencari informasi melalui internet, masyarakat terbiasa menyebut “googling” alias mencari tahu dengan Google.

Meskipun produknya sangat akrab dengan kehidupan masyarakat masa kini, tidak semua orang tahu awal mula penemuan Google. Hanya segelintir orang yang mengetahui biografi penemu Google yang sangat jenius ini.

Sejarah Penemuan Google
Perusahaan Google didirikan oleh dua mahasiswa Ph.D. yang berkuliah di Universitas Stanford. Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Larry dan Sergey bertemu secara tidak sengaja pada 1995. 

Meskipun keduanya sering terlibat diskusi yang alot, mereka justru menghasilkan sebuah penemuan yang menjadi solusi bagi tantangan terbesar di abad ini, yaitu mengumpulkan informasi.

Setahun kemudian, mereka menciptakan sebuah mesin pencari yang diberi nama BackRub. Waktu terus berjalan dan teori mereka pun menjadi semakin sempurna. Mereka mencari investor yang bersedia mendanai perusahaan yang diberi nama Google. Perusahaan ini resmi berdiri pada 1998 di California.

Biografi Penemu Google
Mesin pencari Google tidak akan pernah hadir tanpa kerja keras Larry Page dan Sergey Brin. Dua jenius ini ternyata lahir dari keluarga ilmuwan. Berikut informasi singkat mengenai kisah hidup mereka.

Larry Page 
Ia lahir pada 26 Maret 1973 di Lansing, Michigan. Nama lengkapnya Lawrence Edward “Larry” Page. Kini, Larry menjadi CEO di Google Inc. menggantikan Eric Schmidt. Kedua orang tua Larry berprofesi sebagai ilmuwan di bidang Komputer Sains.
Larry berkuliah di program Ph.D di Universitas Stanford pada bidang ilmu komputer. 

Di sanalah ia bertemu dengan Sergey Brin. Meskipun awalnya mereka tidak terlalu cocok, ternyata mereka berdua berhasil menciptakan teknologi yang sangat berguna hingga kini.

Prestasi Larry yang lain saat masih kuliah di universitas adalah menciptakan mesin cetak inkjet yang berasal dari potongan balok Lego. Menurut data dari majalah Forbes, Larry adalah salah satu orang terkaya di dunia. 

      Sergey Brin
Pria bernama lengkap Sergey Mikhailovich Brin ini lahir pada 21 Agustus 1973 di Moscow. Kedua orang tua Sergey adalah ahli matematika yang lulus dari Moscow State University. Saat Sergey berusia 6 tahun, mereka sekeluarga pindah ke Amerika Serikat.

Sergey berkuliah di jurusan ilmu komputer dan matematika di University of Maryland. Selanjutnya, ia melanjutkan pendidikan di Stanford University. Sergey lulus dari pendidikannya pada Agustus 1995 dan meraih gelar Master.

Perkembangan Google
Kini, Google sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Perusahaan yang memiliki slogan tak resmi, “Don’t be evil” ini mengalami pertumbuhan yang sangat cepat sejak mulai berdiri.

Larry Page dan Sergey Brin sendiri memiliki 16 persen saham dalam perusahaan tersebut. Bukan hanya menjadi mesin pencari, Google kini telah mengembangkan teknologi surat elektronik, jejaring sosial, dan paket aplikasi perkantoran.

Berikut beberapa produk Google yang pasti sudah akrab dengan keseharian masyarakat saat ini:
  • Google Adsense, jasa penawaran iklan. Iklan tersebut akan terlihat pada tampilan web yang terkait dengan kata kunci iklan.
  • Google Adwords, jasa pengiklanan. Iklan yang tampil harus relevan dengan konten web.
  • Google Search, layanan mesin pencari.
  • Google Maps, peta yang bisa dilihat pada aplikasi mobile.
  • Google Earth, pemetaan interaktif dari keseluruhan planet Bumi.
  • Google Books, layanan untuk mencari buku.
  • Gmail, layanan surat elektronik.
  • Google Drive, layanan penyimpanan data.
  • Google Docs, layanan penyimpanan dokumen.
  • Google Chrome, layanan browser.
  • Google Analytics, layanan untuk menganalisis web
Budaya Perusahaan
Google dikenal sebagai salah satu perusahaan yang memiliki budaya kerja yang santai. Menurut pengamatan yang dilakukan oleh Fortune Magazine pada 2007 lalu, Google dinobatkan sebagai perusahaan tempat bekerja terbaik.

Hal ini bisa Anda lihat jika berkunjung ke Googleplex, kantor Google yang terletak di Mountain View, California. Di Googleplex ini, Anda akan menemukan lobi yang dihiasi dengan piano dan aksesori menarik lainnya. Ada pula bola dan sepeda latihan di sepanjang lorong di kantor Google.

Baca Juga :
Suasana kerja yang buat karyawan Google nyaman 
Kisah Sukses Seorang Guru Yang Menjadi Milioner

Para karyawan dibolehkan mengakses pusat hiburan yang terdapat di dalam kantor tersebut , termasuk ruang pijat, ruang rekreasi, ruang makan dengan stok makanan lengkap dan minuman segar.

Hal yang paling menarik dari budaya kerja di Google adalah tersedianya waktu selama 20 % yang boleh digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang menarik hati para pengembang di Google. 

Ini merupakan bagian dari proyek pribadi yang sewaktu-waktu bisa dikembangkan. Contoh hasil dari kebijakan ini adalah Gmail, Adsense ,dan sebagainya.

Google telah membuka mata dunia dan menuai berbagai reaksi yang positif atas kehadirannya. Saat ini, tanpa Google, masyarakat seperti kehilangan sumber informasi yang berharga. 

Mari belajar dari biografi penemu Google, yaitu Larry dan Sergey, dan berusaha untuk melakukan yang terbaik menurut minat masing-masing.

Salam Sukses [KabarwagaNET]