Ini Dia Penemu Bola Lampu Yang Mengubah Dunia


penemu-bola-lampu-pijar
Thomas Alva Edison

Hallo WargaNET, jumpa kembali dengan KabarwargaNET, semoga WargaNET selalu sehat dan tidak suatu apapun. Kali ini KabarwargaNET akan membahas tentang penemu bola lampu.
Siapa yang tidak kenal dengan sang legenda penemu bola lampu ? Thomas Alva Edison merupakan penemu bola lampu yang mampu mengubah dunia setelah melalui banyak sekali percobaan yang akhirnya berhasil menyalakan seutas karbon dalam tabung hampa udara selama 13,5 jam.

Usaha mencari sumber cahaya buatannya sudah dimulai sejak lama jauh sebelum ia melakukan berbagai macam percobaan.

Dalam catatan sejarah, terdapat lebih dari dua puluh para ahli atau ilmuwan yang mencoba dan meneliti cara menciptakan dan membuat lampu pijar sejak awal abad 19. 

Pada masa itu hasil penemuan yang mereka dapatkan masih sangat belum memuaskan, lampu yang diciptakan sudah dapat memberikan cahanya namun sayangnya lampu hanya bertahan sangat sebentar. 

Selain itu biaya pembuatan lampu yang bisa dibilang cukup tinggi pada masa itu menyebabkan lampu pijar masih sangat sulit untuk diproduksi dan diciptakan.

Kemudian sang penemu bola lampu yang diakui hingga sekarang Thomas Alva Edison berhasil membuat bola lampu pijar yang dapat bercahaya cukup lama hingga 13,5 jam. 

Bahkan beberapa bulan selanjutnya, Thomas Alva Edison memperbaiki lagi lampu pijar yang ia ciptakan hingga bisa dan mampu mengeluarkan cahaya lebih lama lagi hingga 1200 jam.

Baca Juga :
Pada tanggal 4 November 1879 ia mendaftarkan penemuan lampu pijarnya ini secara paten di Amerika Serikat dengan nomor 223.898 yang di sah kan pada tanggal 27 Januari 1880.

Hak paten yang di daftarkan ialah lampu pijar listrik yang menggunakan seutas karbon atau lempeng karbon yang dipelintir dan dihubungkan dengan kawat platina.

biografi-thomas-alva-edison
Lampu Pijar
Bola lampu pijar yang dipatenkan ini memiliki tingkat kehampaan udara yang jauh lebih baik dan memiliki daya tahan yang jauh lebih tinggi sehingga dapat dengan mudah dipakai dan digunakan di banyak tempat. 

Penemuan bola lampu pijar ini juga mendorong berkembangnya jaringan listrik hingga ke rumah – rumah penduduk. Mulai pada saat itu lah bola lampu pijar menjadi salah satu bagian dari hidup manusia.

Manusia menggunakan bola lampu pijar untuk menerangi rumah, penerangan jalan, monil hingga senter. Dunia pun secara perlahan mulai berubah menjadi lebih terang ketika malam hari tiba dengan kehadiran lampu pijar. 

Dengan perlahan namun pasti lilin dan obor yang pada umumnya digunakan sebagai sumber cahaya pada saat itu diganti dengan bola lampu pijar.

Thomas Alva Edison gagal 1000 kali

Fakta Penemu lampu pijar yang cukup mengetarkan dunia ini ditemukan tak hanya dengan satu atau beberapa kali penelitian dan percobaan saja yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison. 

Banyak versi yang menyatakan mengenai berapa kali sang penemu bola lampu melakukan percobaan hingga akhirnya menemukan titik keberhasilannya. 

Beberapa diantaranya mengatakan 999 kali yang kemudian keberhasilan sang penemu bola lampu berhasil pada percobaan dan penelitian yang ke 1000 kali.

Bahkan banyak beredar di dunia maya yang menyebutkan angka – angka selain itu seperti 300, 700, 1000, 2000, 10000 bahkan hingga 20000. Tidak diketahui dengan jelas kebenarannya.

Meskipun begitu kita harus tetap bersyukur atas kemampuan sang penemu bola lampu Thumas Alva Edison yang mampu mengubah dunia dengan cahaya yang ia berikan untuk menerangi dunia. 

Seiring berkembangnya zaman kini sudah banyak lampu pijar yang dibuat dan diciptakan dengan berbagai versi yang memiliki kegunaan dan kelebihan yang berbeda pada setiap versinya dengan beragam bentu yang dipercantik dengan berbagai warna yang lebih banyak.

Demikian informasi tentang Thomas Alva Edison sang penemu bola lampu pijar, semoga bermanfaat untuk WargaNET sekalian. 
 
Salam Sukses [KabarwargaNET]

Tidak ada komentar: