Kisah Sukses Sang Pendiri Alibaba Orang Terkaya Di China


Kisah-sukses- pendiri-alibaba
Jack Ma sang pendiri Alibaba

Salam  WargaNET, jumpa lagi dengan KabarwargaNET yang selalu setia memberi informasi kepada pembaca sekalian. Kali ini KabarwargaNET akan membahas tentang Jack Ma, Pendiri Alibaba dan salah satu orang terkaya di China.

Jack Ma yang kini dikenal masyarakat sebagai orang terkaya di China merupakan pendiri Alibaba. Berkat kerja kerasnya mendirikan perusahaan e – commerce Alibaba Group kini ia tak hanya dikenal sebagai orang terkaya di China melainkan dikenal sebagai orang terkaya kedua di Asia menurut Bloomberg Billionares Index.

Namun siapa yang menyangka bahwa masa lalunya cukup keras dengan profesi sebagai salah satu guru miskin di China.

Jack Ma berasal dari Hangzhou China dan lahir pada tahun 1964. Orang tuanya bekerja sebagai pingtan performer. Dulu ia sering menerima ejekan dari teman – teman sebayanya karena ukuran tubuh yang ia miliki.

Menginjak usia 12 tahun Ma belajar menguasai bahasa Inggris sendiri dengan mendatangi sebuah hotel di dekat Distrik West Lake Hangzhou agar bisa bertemu dengan turis Asing selama delapan tahun berturut – turut.

Ia menawarkan diri untuk dijadikan sebagai pemandu turis dengan percuma hanya untuk melatih kemampuan Bahasa Inggrisnya.

Ia juga mendengarkan siaran Radio hampir setiap hari untuk mendengarkan siaran bahasa Inggris yang kemudian ia pelajari.

Sang pendiri Alibaba ini dikenal sebagai siswa atau orang yang kuper atau culun diantara teman – teman sebayanya, namun meskipun penampilannya demikian ia tak pernah unggul sekali pun dalam mata pelajaran Matematika. 

Bahkan ia pernah gagal sebanyak dua kali untuk masuk ke perguruan tinggi di China. Meski begitu ia tetap bisa lulus dan menempuh pendidikan di Hangzhou Teachers Institute pada tahun 1988 dengan percobaan yang ketiga.

Perjalanan karir yang ditempuh oleh Ma sang pendiri Alibaba pun tak berjalan semulus yang kita bayangkan.

Mulai dari ditolak oleh berbagai macam pekerjaan yang telah ia lamar sebelumnya yang akhirnya ia diterima sebagai seorang Guru Bahasa Inggris dengan upah yang sangat sedikit hanya 12 hingga 15 US dolar di sebuah Universitas.

Baca Juga :

Pada tahun 1995 Ma Nekat pergi ke Amerika untuk bekerja sebagai penerjemah. Pada kunjungan pertamanya di Amerika ia dikenalkan Internet oleh temannya yang mengatakan bahwa kita akan menemukan semua hal di Internet.

Namun sayangnya saat ia melakukan pencarian mengenai China ia tidak menemukan informasi apapun. 

Saat sang pendiri Alibaba pulang kembali ke China ia meluncurkan sebuah layanan direktori bisnis online yang diberi nama China Pages. Namun sayangnya China Oages tak memiliki kesuksesan yang ia harapkan. 

Kemudian pada tahun 1999 Ma mengumpulkan teman – temannya sekitar 18 rang di tempat tinggalnya untuk menyampaikan misinya yang ingin membuat sebuah perusahaan e – commerce yang sekarang dikenal dengan nama Alibaba.

Ma dan teman – temannya mengumpulkan dana sebesar 60.000 dolar Amerika untuk memulai Alibaba. Ma memberikan nama “Alibaba” dengan alasan sangat mudah untuk dieja oleh masyarakat. 

Kini Ma yang dikenal sebagai pendiri Alibaba dikenal oleh karyawannya sebagai pemimpin yang paling berkarakteristik termasuk penampilannya. Kini perusahaan yang ia dirikan telah memiliki nilai lebih dari 231 milyar dolar Amerika.

Hal ini yang membuat perusahaan e – ecommerce Alibaba sebagai salah satu perusahaan yang paling berharga dengan urutan ke empat setelah Apple, Google dan Microsoft. 

Pada usia menginjang 50 tahun Jack Ma sang Chairman dan pendiri Alibaba ini memiliki kekayaan bersih senilai 26.5 miliar dolar Amerika yang membuatnya menempati dan mendapatkan gelar sebagai salah satu orang terkaya di China dan Asia.

Demikian informasi dan pembahasan kita tentang pendiri Alibaba, Jack Ma. Semoga memberi inspirasi.

Salam sukses [KabarwargaNET]