Pencipta Android Yang Fenomenal


pencipta-android
Andy Rubin-Pencipta Android
Pencipta Android – Bagi pengguna smarphone khususnya dan pengguna ponsel umumnya, pasti sudah akrab dengan istilah Android. Sistem operasi berlambang robot hijau ini menjadi yang terbesar didunia dalam jumlah pengguna dan juga vendor yang memakai jasanya.

Android adalah sebuah Operating System (OS) mobile yang sangat populer. Karena popularitasnya yang begitu, Android layak disebut “sistem operasi sejuta umat”. Sebutan yang sama pernah disematkan pada ponsel Nokia yang digelari “ponsel sejuta umat”.

Baca Juga : Penemu WordPress

Lalu siapakah penemu atau Pencipta Android yang fenomenal tersebut ?

Ternyata pencipta Android adalah seorang yang awalnya seorang enginering dibidang robotik bernama Andy Rubin. Berikut kisahnya  :

Kisah Hidup Pencipta Android

Andy Rubin, seorang pria Yahudi Amerika yang dilahirkan New Bredford dan dibesarkan di Chappaqua, New York pada 22 Juni 1963. Nama lengkapnya adalah Andrew E Rubin. Ayahnya adalah seorang psikolog yang akhirnya terjun sebagai wira usaha dan mendirikan perusahaan Direct Marketing sendiri.

Andy Rubin menempuh pendidikan antara lain di Horace Greeley High School di Chappaqua, New York antara tahun1977 – 1981, kemudian Andy mempelajari ilmu komputer di Utica College, Utica, New York pada tahun 1981 sampai 1986.


Sejak kecil, Andy sudah tertarik dengan dunia elektronik dan robotik. Hal ini mungkin disebabkan karena ayahnya menjadikan kamar Andy sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang elektronik yang akan dijualnya.

Andy dikabarkan sering mengamati dan mengotak-atik barang tersebut dan akhirnya ia menjadi tertarik dengan dunia elektronik.

Karir Andy Rubin

Pada tahun 1986, selepas kuliah dan berbekal gelar Bachelor of Science jurusan ilmu komputer dari Utica College, Andy bekerja di Carl Zeiss AG, sebuah perusahaan optik dari Jerman sebagai teknisi robotika, sesuai dengan bakatnya.

Andy bertugas dibidang jaringan dan perangkat produksi. Karir Andy hanya bertahan selama lebih kurang 3 tahun disana. Ia memutuskan hengkang pada tahun 1989. Setelah sempat sebentar bekerja disebuah perusahaan di Swiss, ia berlabuh di Apple.

Kisah masuknya Andy ke Apple terbilang unik. Ketika berlibur di Cayman Island, sesuatu yang unik terjadi. Ia secara menawarkan untuk menginap di kamarnya seorang pria yang sedang bertengkar dengan pasangannya. Ternyata pria tersebut adalah seorang pekerja di Apple bernama Bill Caswell. Andy ditawari untuk berkeja di Apple.

Di Apple, Andy sempat bertugas sebagai teknisi manufaktur. Kemudian ia beralih ke sebagai menangani riset proyek Apple bernama General Magic. Proyek ini mengembangkan Magic Cap yang berkutat dibidang sistem operasi dan antar muka perangkat mobile. Namun proyek ini gagal dipasaran. Ia keluar dari Apple.

Baca Juga : Kisah Sukses Pemilik KFC

Sempat bekerja di Artemis beberapa saat sebagai teknisi, akhirnya ia dan beberapa temannya seperti Matt Hershenson dan Joe Britt mendirikan Danger Inc. pada tahun 1999. Danger kemudian dibeli Microsoft pada Februari 2008. Sebelum dibeli Microsoft, Andy Rubin telah hengkang dari Danger.

Mendirikan Android dan bergabung dengan Google

Andy mendirikan sebuah Startup bernama Android Inc dan menciptakan sistem operasi Android bersama beberapa temannya seperti: Rich Miner, Nick Sears, Andy McFadden dan Chris White pada Oktober 2003 di Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Niat awalnya, mereka menciptakan Android sebagai sistem operasi untuk kamera pintar, namun karena sadar pasar kamera pintar tidak begitu besar, mereka mengalihkan fokus untuk menyasar pasar smartphone sebagai target dari Android.


Singkat cerita, Android sukses dan banyak diminati oleh vendor dan juga pengguna telepon pintar. Hal ini membuat Google melirik Android dan berhasil mengakuisi Android Inc pada Agustus 2005. Sejumlah pejabat di Android Inc termasuk Andy Rubin diajak bergabung dengan Google.

Andy Rubin ditunjuk sebagai pemimpin proyek Android mengembangkan sebuah platform untuk perangkat mobile, Google kemudian menawarkan Android kepada vendor dan operator.

Sambutan mereka sangat bagus, sehingga menjadikan Android menjadi sistem operasi mobile yang paling populer di dunia mengalahkan iOS, Windows Mobile dan juga Blackberry. Karir Andy Rubin di Google bisa dibilang sukses berkat Android yang juga sukses besar.

Namun, Andy Rubin memlih resign dari Google meninggalkan jabatannya sebagai petinggi Google divisi Android pada bulan Maret 2013.

Demikianlah sedikit cerita tentang Andy Rubin, pencipta Android yang fenomenal dan sampai saat ini masih sangat populer serta menguasai pasar smartphone dunia. Semoga bermanfaat dan dapat memberi motivasi dan inspirasi kepada pembaca sekalian.

Salam Sukses [KabarwargaNET]