Jack Dorsey - Pendiri dan Penemu Twitter, Media Sosial Yang Mendunia

penemu twitter

Pendiri dan Penemu Twitter – Twitter adalah salah satu media sosial dan microblogging yang sangat populer di seluruh dunia. Bahkan, banyak selebritis dan tokoh-tokoh terkenal didunia lebih memilih menggunakan Twitter dari pada Facebook untuk mengungkapkan isi hati dan perasaannya tweet atau cuitan-cuitannya. Bahkan Twitter sangat efektif digunakan sebagai alat propaganda untuk kampanye politik.

Lalu, siapakah yang menjadi Pendiri dan Penemu Twitter ?, layanan pesan singkat yang awalnya jumlah sebanyak 140 karakter, kemudian menjadi 280 karakter. KabarwargaNET akan membahasnya secara singkat berikut ini :

Biografi Jack Dorsey – Pendiri dan Penemu Twitter

Seperti dikutip dari Wikipedia, Jack Dorsey adalah salah satu dari tiga pendiri Twitter, ia dilahirkan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada tangal 19 November 1976. Sebagai penganut Khatolik, ia bersekolah di sekolah Khatolik di Bishop DuBourg High School, kemudian berlanjut di Universitas Sains dan Teknologi Missouri. Pendidikannya berlanjut ke New York University.

Baca Juga : Penemu Instagram - Media Sosial Yang Populer Bagi Penyuka Foto

Ketika di New York University inilah ide untuk membuat layanan pesan singkat layaknya SMS via internet. Jack Dorsey berharap, layanan pesan singkat tersebut memungkin kan banyak orang untuk saling berbagi status mereka kepada pengguna lainnya.

Ia mendirikan Twitter bersama Evan Williams dan Biz Stone. Akhirnya, jadilah Twitter yang kita kenal sekarang ini. Jabatan yang pernah dipegang Jack Dorsey di Twitter antara lain sebagai Chief Executive Officer (CEO).

Penghargaan yang diterima oleh pendiri dan penemu Twitter ini antara lain :
  • Salah satu dari 35 innovator dunia berusia dibawah 35 tahun dari MIT Technology Review TR35 pada tahun 2008.
  • Innovator of the Year Award dari majalah The Wall Street Journal pada tahun 2012.

Sejarah Pendirian Twitter

Ide tentang sebuah layanan pesan seperti SMS via internet yang di ungkapkan oleh Jack Dorsey ternyata mendapat sambutan dari Evan Williams.

Evan Williams yang juga adalah seorang penemu Blogger dan pejabat di Google kemudian menyuplai dana untuk mewujudkan ide Jack Dorsey tersebut.

Kode dari proyek ini adalah twttr, pada tanggal 21 Maret 2006, proyek ini mulai dikerjakan. Pesan pertama yang dipublikasikan oleh Jack Dorsey adalah : “just setting up my twttr”.

Pada awalnya, Twitter digunakan untuk layanan internal bagi karyawan di Odeo dan diperkenalkan kepada publik pada 15 Juli 2006. Titik awal popularitas Twitter dimulai tahun 2007 ketika berlangsungnya konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi). Pada acara tersebut, jumlah tweet di Twitter meningkat dari 20.000 perhari menjadi 60.000 perhari.

Layar plasma berukuran 60 inchi yang ditempatkan dalam aula koferensi secara khusus menayangkan cuitan-cuitan dari Twitter.

Baca Juga : Biografi Penemu Internet

Logo dari Twitter adalah seekor burung kecil yang lucu dan berwarna biru. Logo tersebut didapat dari situs iStockphoto dengan harga sekitar 15 Dolar.

Singkat cerita, Jack Dorsey, Evan Williams dan Biz Stone sukses mengembangkan Twitter menjadi situs jejaring sosial dan Twitter menjadi sebuah perusahaan internet tingkat dunia bersanding dengan Facebook, Google dan beberapa perusahaan lainnya.

Pendapatan Twitter pada Mei 2015 mencapai 1,4 Milyar Dolar dengan pengguna aktif diperkirakan sebanyak 302 juta orang.

Demikian artikel tentang Jack Dorsey, sang pendiri dan penemu Twitter. Semoga memberi inspirasi dan motivasi kepada WargaNET sekalian.

Salam Sukses [KabarwargNET]