Kisah Sukses Pendiri Samsung

pendiri-samsung
Lee Byung Chull
Pendiri Samsung – Siapa yang tidak kenal dengan Samsung, sebuah perusahaan elektronik yang sangat terkenal dari negeri ginseng Korea Selatan. Produknya menguasai pasar dunia, dari mulai peralatan rumah tangga hingga smartphone kelas atas.

Lalu siapa pendiri atau penemu Group Samsung? Simak kisah sukses pendiri Samsung berikut ini :

Kisah Sukses Lee Byung-Chull – Pendiri Samsung

Pendiri Samsung adalah seorang pria yang dilahirkan di Korea Selatan pada 12 Februari 1910, Lee Byung-Chull.

Lee Byung-Chull terlahir dari keluarga berada yang banyak memiliki tanah. Ia sempat menempuh pendidikan di perguruan tinggi Universitas Wesda Tokyo walaupun tidak sampai tamat. Ia memanfaatkan warisan dari orang tuanya untuk berwira usaha.

Lee Byung-Chull, Pendiri Samsung Group

Sejak dari muda, Lee Byung-Chull telah berusaha menjadi seorang pengusaha dengan berbagai usaha digelutinya. Pada tahun 1938, Lee mengekspor berbagai komoditas dari negaranya ke China. Ia mendirikan perusahaan yang mengirim Ikan, sayuran, dan buah-buahan ke negara tirai bambu tersebut. Inilah cikal bakal yang kemudian menjadi Samsung Group.

Pada tahun 1947, ia memutuskan memilih ibu kota Seoul sebagai kantor pusat perusahaannya. Ini disebabkan karena usahanya yang tumbuh pesat. Namun, saat pecah perang Korea, ia pindah ke Busan dan mendirikan sebuah pabrik gula disana.

Setelah perang usai, Lee mendirikan sebuah pabrik wol terbesar di Korea Selatan bernama Cheil Mojik pada tahun 1954 di Chimsan-dong, Daegu. Perusahaan tersebut menjadi perusahaan besar karena mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Bisnis Lee Byung-Chull terus menggurita dengan mengembangkan sayap ke berbagai industri lain seperti keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal.

Mendirikan Samsung Group

Menurut Wikipedia, Lee Byung-Chull mendirikan Samsung Group bersama dengan Kang Gary pada tahun pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan. Walau awalnya berkutat diberbagai jenis usaha, Samsung mulai masuk ke industri elektronik pada tahun 60-an.

Lee Byung-Chull, sang pendiri samsung ini meninggal dunia di tahun 19 November 1987 pada usia 77 tahun, ia digantikan oleh anaknya Lee Kun-Hee sebagai Chairman.

Baca Juga : Matt Mullenweg-Penemu WordPress

Setelah terjun dibidang elekronik, Samsung membagi tugas kerja dalam bentuk divisi-divisi elektronik, seperti Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membangun pabrik di Suwon.



Samsung membuat TV hitam putih, selanjutnya Samsung mulai merambah ke industri perangkat elektronik dengan membeli Hanguk Tongsin di Gumi yang menjadi cikal bakal manufaktur telpon dan faks dan menjadi pusat manufaktur ponsel Samsung.

Siapa yang tidak kenal dengan smartphone ikonik seperti Galaxy S ? Dewasa ini, Samsung merajai pasar smartphone dengan berbagai kelas, mulai entry level hingga kelas atas.

Selain itu, Samsung beroperasi disegmen bisnis lain, seperti : Peralatan Rumah Tangga Digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor, dan juga kendaraan bermotor.

Baca Juga : Andy Rubin-Penemu Android

Dalam perjalanannya hingga sukses seperti sekarang ini, Samsung banyak menghadapi cobaan. Diantaranya, krisis moneter yang melanda dunia membuat Samsung harus merumahkan karyawannya ratusan orang untuk efesiensi. Namun berkat perjuangan, akhirnya mampu bangkit dan berjaya di ranah industri elektronik dunia.

Demikian sedikit cerita tentang Pendiri Samsung, Lee Byung-Chull yang sukses membangun Samsung hingga menjadi perusahaan kelas dunia. Semoga dapat memberi inspirasi dan motivasi kepada pembaca semua.

Salam Sukses [KabarwargaNET].

Tidak ada komentar: