Cara Bisnis Online Dengan Program Afiliasi

Cara Bisnis Online Dengan Afiliasi – Cara dalam berbisnis online sepertinya tidak akan pernah berhenti disatu titik, beragam metode terus muncul di jagat maya dengan jutaan pembeli potensial menanti didalamnya. Dari sekian banyak cara bisnis online , afiliasi menjadi salah satu cara bisnis online yang sangat diminati.

Program afiliasi adalah program dimana seorang penjual akan mendapatkan komisi jika terjadi transaksi antara pemilik program pembeli atas rekomendasi orang tersebut.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, sobat cukup kerja dari rumah untuk menghasilkan uang secara online. Bisnis online dengan program afiliasi banyak diikuti karena kemudahannya. Afiliasi bisa diikuti baik pada penjual yang mewajibkan kita untuk membeli produknya terlebih dahulu ataupun penjual yang tidak mengharuskan kita untuk membeli.

cara-bisnis-online
Ilustrasi Affiliate Marketer

Mengapa harus ikut program afiliasi? Jika sobat ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet namun sobat tidak punya produk atau jasa yang akan dijual, maka program afiliasi adalah solusinya.

Salah satu contoh orang yang sukses bersama program afiliasi adalah Rosalind Gardner.

Pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis afiliasi adalah :

#1. Merchant : penjual produk atau informasi
#2. Member afiliasi : pihak perantara atau pemasar merchant
#3. Pembeli : pihak yang membeli produk dari merchant atas rekomendasi dari member afiliasi.

Baca Juga : 10 Peluang Usaha Modal Kecil

A. Kelebihan cara bisnis online dengan program afiliasi

Setiap orang memiliki pertimbangan dan alasan tersendiri untuk memutuskan mengapa suatu hal dilakukan. Begitu juga dengan bisnis online dengan program afiliasi. Beberapa kelebihan afiliasi yang layak dijadikan bahan pertimbangan untuk mencari penghasilan tambahan dari internet adalah :

#1. Tidak membutuhkan biaya untuk membuat produk
#2. Cuma bermodalkan komputer atau smartphone dan koneksi internet
#3. Pendaftaran gratis
#4. Tidak membutuhkan karyawan, gudang dan gedung
#5. Bisa dilakukan dimana saja, yang penting terkoneksi dengan internet
#6. Tidak perlu stok barang
#7. Kerja dari rumah, namun pangsa pasar diseluruh dunia
#8. Bisa mendapatkan penghasilan tambahan selama 24 jam setiap hari
#9. Resiko minimal, hasil maksimal
#10.Beberapa merchand menyediakan sistem cache (rekam jejak) di browser calon pembeli, jika seorang calon pembeli pernah mengunjungi link afiliasi sobat namun menunda untuk membeli. Jika suatu saat dia membeli, maka akan dihitung sebagai hasil rekomendasi sobat selama cache tersebut belum ekspire.
#11.Transaksi yang mudah dan cepat.

B. Cara kerja program afiliasi

Bagaimana program afiliasi bekerja? sebenarnya, cara bisnis online dengan program afiliasi sangat mudah. Karena secara umum, yang perlu dilakukan hanyalah tahapan-tahapan sebagai berikut :

#1. Sobat mendaftar sebagai member di sebuah program afiliasi atau merchant
#2. Sobat kemudian akan mendapatkan alamat (url) afiliasi. Sobat akan mendapat kode atau nomor unik yang berbeda dengan member afiliasi yang lain.
#3. Tugas sobat kemudian adalah mencari pembeli (dengan menggunakan url afiliasi sobat). Sobat bisa mempromosikan url tadi via website, blog, forum, media sosial, email, iklan dan lain-lain.
#4. Jika ada pengunjung yang mengklik url afiliasi sobat dan membeli produk yang ditawarkan, maka sobat akan mendapatkan komisi dari penjual/ merchant

C. Kategori program afiliasi

Cara bisnis online dengan program afiliasi memiliki beberapa kategori berdasarkan biaya yang dikeluarkan oleh penjual, yaitu :

#1. CPA (Cost Per Action/Lead Generation)


CPA adalah program afiliasi dimana penjual akan membayar member jika bisa mengarahkan atau mengajak pengunjung untuk masuk ke website penjual dan mengisi form pembelian atau pendaftaran online walaupun tidak ada transaksi penjualan.

Untuk peserta afiliasi, program ini dinamakan Pay per Lead (PPL), ini disebabkan member akan dibayar untuk setiap ajakan atau lead untuk pendaftaran. Contoh, sobat akan di bayar $1 jika berhasil mengajak satu orang pengunjung untuk mendaftar sebuah kursus online, walaupun si pengunjung tersebut belum tentu ikut kursus.

#2. CPS (Cost per Sale)


Cara bisnis online yang satu ini adalah bertujuan mengajak pengunjung untuk masuk website milik penjual dan membeli produk yang ditawarkan penjual. Sobat akan mendapat komisi jika pengunjung tersebut jadi membeli di website tersebut.

Bagi member afiliasi, program ini dinamakan dengan Pay per Sale (PPS), karena member akan dibayar untuk setiap penjualan yang terjadi. Komisi bisa berbentuk julah tertentu (misalnya $2 per sale) atau juga bisa berbentuk persen (misalnya 1% dari harga produk).
Program afiliasi seperti ini antara lain Amazon.com, Clickbank.com, dll.

#3. CPC (Cost per Clik)


CPC merupakan program afiliasi dengan sistem dimana, pemilik program (advertiser) akan membayar member afiliasi (publisher) jika iklan yang dipasang di blog atau website milik member tersebut diklik oleh pengunjung.
Program Pay per Click
Bagi peserta afiliasi atau publisher, program ini dinamakan Pay per Click (PPC) karena member akan dibayar berdasarkan jumlah klik yang dilakukan pengunjung. Besaran harga per klik bervariasi, tergantung harga keyword.

Contoh program afiliasi PPC adalah : Google Adsense, Chitika, dan Clickbooth.

#4. CPM (Cost per Impression)


Dalam PPC termasuk juga iklan per impression yang akan membayar jumlah ikklan yang dilihat pengunjung. Contoh, program dengan sistem “cost per 1000 impressions” (CPM/Cost per Mile) berarti pemilik blog akan mendapat bayaran saat iklan dari klien mereka tertayang 1000 kali, dengan atau tanpa mendapat klik dari pengunjung.

D. Panduan memilih program affiliasi


Sebelum sobat menentukan cara bisnis online dengan program afiliasi, ada beberapa hal yang mesti sobat perhatikan sebelum memilih program afiliasi, berikut panduannya :

#1. Mengetahui reputasi perusahaan.
Perusahaan seperti Amazon.com, Clickbank.com, reputasi mereka sudah kelas dunia dan tidak perlu diragukan lagi, telah bank yang sukses berjualan online dengan menjadi member afiliasi Amazon.com, Clickbank.com, Namun untuk merchant lain, sobat harus berhati-hati dengan program afiliasi yang baru atau kurang terkenal.

#2. Mengecek alamat dan customer service.
Website yang terpercaya dengan mencantumkan alamat fisik dan juga kontak CS yang bisa dihubungi jika terjadi masalah.

#3. Mengetahui apakah ada Affiliate Agreement dalam websitenya.

Cek pejanjian afiliasi dalam websitenya, jika tidak ada lebih baik kabur.

#4. Melihat syarat dan ketentuan berlaku
Program apapun pasti ada syarat dan ketentuan, jika tidak ada, bisa jadi abal-abal.

#5. Biaya pendaftaran
Biasanya, untuk menjadi member program afiliasi tidak membutuhkan biaya pendaftaran alias gratis. Jika ada, bisa jadi adalah multi level marketing (MLM) atau bahkan bisa jadi money game.

#6. Perhatikan batas minimum pembayaran
Ini penting, jika batas minimal pay out atau pembayarannya terlalu tinggi atau sulit dicapai, lebih baik hindari bisnis afiliasi seperti ini.

#7. Cari informasi orang yang telah sukses dengan program tersebut

Sobat bisa mencari kisah atau cerita sukses orang lain yang telah berhasil berbisnis online dengan cara sistem afiliasi. cerita tersebut banyak beredar di internet.

#8. Pilihlah program afiliasi yang mudah dikuasai dan dijalankan.
Percuma saya jika telah memilih suatu program afiliasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan namun sobat kurang menguasai teknik tersebut. Ini akan mengakibatkan kejenuhan dan terakhir berhenti.

E. Kelemahan cara bisnis online dengan sistem afiliasi


Sama seperti cara bisnis online lainnya, peluang usaha dengan cara bisnis afiliasi juga terdapat beberapa kelemahan yang mesti sobat ketahui, berikut beberapa kekurangan bisnis afiliasi :

#1. Harga ditetapkan oleh pemilik bisnis afiliasi
#2. Sobat akan mendapat komplain dari pembeli yang kecewa karena kualitas barang yang dibeli tidak berkualitas atau tidak sesuai spek yang tertera, padahal itu kesalahan merchant.
#3. Banyak Iklan palsu
#4. Ikut mempromosikan produk yang terlarang seperti judi, pornografi dan makanan yang tidak halal
#5. Akun dibanned padahal sedikit lagi sobat mencapai payout
#6. Dll.

Baca juga : 5 Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

Semoga dengan mengetahui beberapa kelemahan cara bisnis online dengan sistem afiliasi diatas dapat membuat sobat lebih berhati-hati dalam memilih program afiliasi.
Pilihlah program afiliasi yang kira-kira mudah menurut sobat untuk diterapkan dan afiliasi terpercaya dan terbukti membayar komisi bagi peserta program tersebut.

Cara bisnis online dengan afiliasi memang menyenangkan, namun tidak instan, sobat perlu kesabaran dan ketekunan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online.

Saya kira cukup sekian dulu pembahasan kita tentang cara bisnis online dengan afiliasi. Semoga niat sobat untuk mencari penghasilan tambahan dengan cara kerja dari rumah dengan program afiliasi dapat tercapai. [KabarwargaNET]

Tidak ada komentar: