Penemu Kereta Api - Alat Transportasi Massal Yang Murah

penemu-kereta-api-pertama-didunia

Penemu Kereta Api – Kereta Api adalah salah satu alat transportasi massal yang banyak digunakan sejak beberapa abad lalu. Alat transportasi yang berjalan di rel ini di klaim merupakan kenderaan yang paling aman dan minim terjadinya insiden. Selain itu, kereta api juga terkenal murah, tidak terkena macet.

Setiap negara mempunyai jaringan transportasi kereta api, mulai dari yang sederhana seperti Indonesia hingga yang canggih dan super cepat seperti di Jepang, China, kawasan Eropa dan Amerika.

Kereta api cocok digunakan oleh negara-negara dengan luas geografis yang sangat besar seperti India, China, Rusia dan tentu juga Indonesia.

Tahukah Anda siapa Penemu Kereta Api dan bagaimana sejarahnya ? KabarwargaNET akan membahasnya untuk Anda.

Penemu Kereta Api Pertama Di Dunia

Berikut beberapa ilmuan atau tokoh yang berjasa dalam penemuan dan perkembangan kereta api :

William Murdoch, Penemu Kereta Api Pertama

Konsep kereta api pertama kali di temukan oleh seorang ilmuan bernama William Murdoch dari Inggris Raya. Murdoch menciptakan kereta api pada tahun 1784. Awalnya, kereta api hanya berupa sebuah kereta kuda saja.

Kemudian dibuat beberapa kereta lagi dan dirangkai menjadi satu rangkaian. Fungsi kereta pada waktu itu adalah untuk mengangkut hasil tambang di kawasan pertambangan batu bara. Untuk meringankan beban yang diangkut, dibuatlah rel dari besi.

Baca Juga : Biografi Penemu Pesawat Terbang


Walaupun penemuan William Murdoch dibidang kereta api terbilang sangat sederhana, namun penemuannya ini disebut sebagai konsep awal dan cikal bakal dari kereta api yang kita kenal saat ini dan ia layak menyandang sebagai Penemu Kereta Api Pertama Kali.

George Stephenson, Penemu Kereta Api Uap

George Stephenson, seorang insinyur kereta api dari Inggris berhasil menciptakan lokomotif uap yang menghasilkan tenaga yang lebih besar. Lokomotif uap ciptaannya mulai beroperasi di atas rel selebar 1,42 m. Ia juga memodifikasi lebar rel 1,3 cm yang kemudian menjadi standar rel kereta api hingga saat ini.
penemu-kereta-api-listrik
Ilmuan yang lahir di Wylam, Northumberland, Inggris, 9 Juni 1781 ini pernah ditunjuk sebagai perancang pembangunan jalan kereta api umum yang pertama Stokton-Darlington yang dibuka pada tahun 1825.

Kemudian ia turut serta dalam membangun jalan kereta api antara Liverpool ke Manchester pada tahun 1826, proyek ini selesai dan diresmikan pada tahun 1830. George Stephenson layak dijuluki penemu kereta api dengan teknologi lokomotif uap.

Beberapa orang ilmuan lain berkontribusi bagi perkembangan kereta api antara lain :

1. Richard Trevithick, membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan sebuah kereta pada tahun 1804.
2. Frank J. Sprague, yang ikut memperkenalkan lokomotif listrik yang kemudian menjadi kereta api listrik.
3. Rudolf Diesel, Penemuan kereta api diesel merupakan salah satu contoh dari kontribusi Rudolf Diesel yang  mengembangkan kereta api menggunakan mesin diesel pada tahun 1925. Kereta api bermesin diesel terbukti lebih efektif dan bertenaga dari kereta api dengan lokomotif uap.

Baca Juga : Penemu Mobil Pertama Kali


Itulah beberapa nama orang-orang yang berkontribusi sebagai penemu kereta api. Masih banyak nama-nama lain lagi yang berjasa terhadap perkembangan kereta api yang tidak mungkin disebutkan satu persatu disini.

Kontribusi mereka meliputi berbagai macam penemuan yang mendukung teknologi kereta api hingga dapat menjadi kereta api yang kita kenal saat ini.

Demikianlah pembahasan kita tentang Penemu Kereta Api, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Salam Sukses [KabarwargaNET]