Wright Bersaudara - Penemu Pesawat Terbang Pertama Kali


penemu-pesawat-terbang-pertama

Penemu Pesawat Terbang – Penemuan pesawat terbang menjadi salah satu penemuan terbesar dalam peradaban manusia. Penemuan “burung besi” ini memberi banyak kemudahan bagi manusia, terutama dalam hal transportasi udara.

Impian manusia yang ingin terbang dapat terwujud berkat penemuan tersebut. Sebelumnya, keinginan untuk terbang bagi manusia dianggap sebuah khayalan belaka.

Tahukah WargaNET siapa Penemu Pesawat Terbang pertama kali? KabarwargaNET akan membahasnya dalam artikel dibawah ini.

Profil Penemu Pesawat Terbang

Penemu pesawat terbang adalah dua orang bersaudara berkebangsaan Amerika bernama Orville Wright dan Wilbur Wright. Wilbur Wright lahir pada 16 April 1867 di Millville, Indiana, Amerika . Sedangkan Orville Wrigh dilahirkan pada 19 Agustus 1871 di Dayton, Ohio, Amerika. Mereka adalah dua orang dari tujuh bersaudara. Ayah mereka, Milton Wright adalah seorang pendeta.

Pada tahun 1878 saat mereka kecil, sang ayah membeli mainan helikopter. Mereka memainkan mainan baru yang terbuat dari bambu dan karet sebagai pemutar baling-balingnya tersebut hingga rusak.
Mereka akhirnya membuat mainannya sendiri. Pengalaman bermain helikopter mainan inilah yang menjadi inspirasi mereka tertarik dengan pesawat terbang.

Baca Juga : Penemu Twitter

Walau pernah mengenyam bangku kuliah, mereka tidak berhasil menamatkannya. Mereka sempat menekuni bisnis sepeda dengan membuka toko yang menjual dan memperbaiki sepeda. Dari usaha tersebut, mereka berhasil mengumpulkan dana untuk proyek penelitian pesawat terbang mereka.

Wilbur Wright meninggal dunia di usia 45 tahun pada 10 Mei 1912 di Dayton, Ohio. Wilbur Wright meninggal akibat Tifus. Sedangkan Orville Wright sempat menjadi presiden Wright Company dan menekuni riset tentang penerbangan serta menjual sahamnya di perusahaan tersebut. Orville Wright meninggal pada 30 Januari 1948  di Dayton, Ohio.

Wright Bersaudara Menemukan Pesawat Terbang

Wright bersaudara mulai menekuni proyek pesawat terbang pada tahun 1899. Ide tentang manusia bisa terbang membuat mereka ingin mewujudkan ide tersebut.

Walau ada beberapa orang seperti William P. Langley dan Otto Lileinthal yang mencoba menyelidiki cara bagaimana manusia bisa terbang, Namun, belum ada yang mampu mewujudkan ide tersebut. Wright bersaudara  mempelajari karya-karya tokoh diatas sebagai referensi dari cita-cita mereka.

Awalnya, mereka mengamati cara kerja layang-layang dan memulai dengan beberapa percobaan dengan pesawat peluncur pada tahun 1899. Mereka akhirnya bisa menciptakan pesawat peluncur dan berhasil berujicoba dengan pesawat tersebut.

Untuk menciptakan keseimbangan dan kestabilan bagi pesawat, Wright bersaudara kemudian memberi sayap, baling-baling serta mesin pada pesawat tersebut.

Baca Juga : Sejarah Penemuan Mobil


Akhirnya, pada malam yang dingin dan cuaca mendung di tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara berhasil terbang dengan pesawat ciptaannya. Mereka terbang dengan pesawat Flyer I yang memiliki bobot 750 pons, panjang 40 kaki dengan mesin berkekuatan 12 tenaga kuda dan biaya pembuatan sekitar 1000 Dolar.
Pesawat Flyer I dengan pilot Orville Wright berhasil terbang selama 12 detik dengan jarak tempuh 36 kaki. Sang kakak, Wilbur Wright mampu terbang lebih lama dengan jarak tempuh 251 meter selama 59 detik. Mereka terbang di Kill Devil Hill, Kitty Hawk, North Carolina.

Lima orang menjadi saksi peristiwa bersejarah yang terjadi di gurun pasir tersebut. Pesawat bersejarah tersebut sampai saat ini masih tersimpan di Museum Dirgantara Washington.

Akhirnya, Wright bersaudara dapat mewujudkan gagasan manusia untuk dapat terbang dengan sebuah pesawat ciptaan mereka. Penemuan mereka ini adalah salah satu penemuan terbesar dan fenomenal dalam peradaban umat manusia.

Demikian pembahasan kita tentang Penemu Pesawat Terbang, semoga berguna bagi pengunjung blog ini.

Salam Sukses [KabarwargaNET ]