Mengenal Bagaimana Biografi Iwan Fals, Musisi Legenda Indonesia


Iwan Fals - Foto : Figurpedia.com
Musik adalah salah satu unsur penting di dunia hiburan. Hampir setiap orang membutuhkan musik sebagai media hiburan mereka. Di Indonesia, musisi yang terkenal dengan karyanya yang bagus dan berkualitas adalah Iwan Fals. Tema dari lagu-lagunya ini kebanyakan tentang alam, politik menyinggung kinerja para dewan dan juga ada yang tentang percintaan.

Kesuksesannya terhadap dunia musik tidak serta merta ia dapatkan. Biografi Iwan Fals ini akan membuat kita tahu bagaimana perjalanan hidupnya. Sampai saat ini Iwan Fals masih menjadi musisi legenda yang ada di Indonesia. Baik tua maupun muda, lagu yang diciptakan selalu dikenal.

Banyak karya yang menginspirasi musisi muda untuk membuat hal serupa. Penghargaan dan rekam jejaknya di dunia musik Indonesia sudah diakui siapa saja.

Biografi Iwan Fals, Suarakan Rakyat dari Lagu

1. Profil Iwan Fals

Dengan nama panggung Iwan Fals, ia memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto. Lahir di Jakarta pada tanggal 3 September 1961 dari pasangan Haryoso sang ayah dan juga Lies sang ibu. Iwan pernah cukup lama tinggal di Bandung semasa kecil dan akhirnya harus ikut saudaranya berada di Jeddah, Arab Saudi selama kurang lebih 8 bulan.

Sekitar usia 13 tahun, Iwan Fals sudah memiliki bakat bermusik dengan gitarnya. Ia mampu menghabiskan waktu hanya dengan mengamen di Bandung. Alasannya adalah untuk melatih kemampuannya dalam bergitar dan juga menciptakan sebuah lagu.

2. Keluarga Iwan Fals

Istri dari Iwan Fals bernama Rosanna atau Mbak Yos. Ia memiliki anak yang bernama Galang Rambu Anarki namun sudah meninggal. Juga Annisa Cikal Rambu Basae dan Rayya Rambu Robbani.

Ketika masih hidup, Galang adalah anak yang mengkuti jejak ayahnya dengan terjun di bidang musik. Meski berbeda degnan apa yang dibawakan anaknya, Galang menjadi gitaris dari kelompok Bunga dan sempat menelurkan satu album perdana.

3. Pendidikan Iwan Fals

Biografi Iwan Fals tak lepas dari bagaimana ia mendapat pendidikan semasa mudanya. Bersekolah SMP di SMP 5 Bandung dan SMAK BPK Bandung. Kemudian ia melanjutkan ke Sekolah Tinggi Publisistik serta Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta yang sekarang dikenal sebagai IKJ.

Dalam bermusik, Iwan memang sering disebut wakil rakyat karena menyuarakan kegelisahan rakyat melalui lagunya. Protes ini ada di album Oemar Bakrie tahun 1981 dan juga Bento di tahun 1991.

4. Karir Iwan Fals

Awal mula karir Iwan Fals adalah sebagai pengamen jalanan yang akhirya mengantarkannya sebagai Pahlawan Besar Asia dari majalah Time Asia di edisi 29 April 2002. Tentu mengalami banyak perubahan dari yang awalnya hanya pengamen bisa menjadi musisi besar seperti sekarang.

Ia pernah menyanyi di berbagai acara seperti hajatan, kawinan hingga sunatan ditemani dengan manajernya yaitu Engkos. Lagunya direkam dan diputar di radio 8 EH. Sampai pada akhirnya ia mulai rekaman meski pada waktu itu tidak meledak di pasaran.

Nama Iwan Fals melejit dari label Musica Studio yang menghasilkan karyanya seperti Sarjana Muda, album 1901 dan album Mata Dewa. Meski begitu, Iwan Fals masih tetap mengamen di rumah-rumah dalam komplek untuk menghidupi keluarganya. Barulah setelah anak kedua lahir ia berhenti total untuk mengamen.

5. Penghargaan Iwan Fals

Banyak penghargaan yang berhasil diraih oleh Iwan Fals. Seperti AMI Award untuk artis solo pria populer di tahun 2003 dan 2014. Juga dalam album yang terlupakan, ia mendapat AMI Award untuk duo/ group populer bersama Ariel Noah. Di tahun 2003 mendapat penghargaan AMI Legend Award serta tahun 2000 dan 2002 ia mendapat AMI Award untuk penyanyi country dan album serta lagu country terbaik.

Biografi Iwan Fals ini menunjukkan sisi lain yang dimilikinya. Jatuh bangun meniti karir dan juga perjuangannya untuk menjadi seorang musisi. Iwan fals, musisi legenda tanah air yang memberi kontribusi musik berkualita. [] Sumber : Biografi Iwan Fals

Tidak ada komentar:

Loading...